Perpustakaan UNM Sukses Gelar Webinar Penulisan Buku

Perpustakaan UNM Sukses Gelar Webinar Penulisan Buku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bagian Perpustakaan Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai salah satu penyebaran informasi di kampus sukses menggelar webinar dengan tema Strategi Menulis Tembus Penerbit. Webinar menghadirkan narasumber Ketua Program Studi (Kaprodi) Manajemen UNM Instianti Elyana.

Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui Zoom pada Kamis (29/8/2022) dan diikuti berbagai lapisan masyarakat. Elyana menjelaskan ada beberapa karateristik buku yang terdiri dari buku monograf, buku referensi, diktat, buku ajar, dan modul ajar. “Tentunya masing- masing dari buku tersebut mempunyai karakter tersendiri dalam penulisannya,” terangnya saat menyampaikan materi webinar.

Ia menyampaikan tips dan trik dalam penulisan dapat dibagi empat sesuai dengan gaya penulisan. Pertama memahami teori yang dikuasai, kedua mencontoh buku ajar yang sudah ada dan dikembangkan. Ketiga kuasai bidang ilmu dan menulis dengan bahasa sendiri dan keempat kemas kembali dari referensi dan penataan informasi atau kompilasi sehingga tulisan atau sejenisnya dapat dipahami dan dimengerti oleh pembaca.

“Selain itu, buku yang akan diterbitkan tentu juga punya prosedur dan ketentuan dari penerbit. Di antaranya seperti melakukan riset terhadap penerbit, cari info penerbitan naskah, siapkan naskah dengan matang, dan tulis buku yang ingin diterbitkan,” kata Elyana.

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA MANDIRI


Perpustakaan Universitas Nusa Mandiri merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku,jurnal,dll.


INFORMASI


Alamat : Jln. Jatiwaringin Raya No.02 RT08 RW 013 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makassar Jakarta Timur

Email : perpustakaan@nusamandiri.ac.id

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

Perpustakaan Universitas Nusa Mandiri @ 2020