Kode Buku : 200015
Judul Buku : Rekayasa perangkat lunak menggunakan uml dan java
Edisi : I
Penulis : Nugroho, Adi.
Penerbit : Andi
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2009
ISBN : 978-979-29-0989-0
Tajuk Subjek : UML
Deskripsi : xx, 620 hlm.; 23 cm
Eksemplar : 17
Stok : 17
Petugas Input : Suagam. S.Kom
Lima puluh persen lebih program aplikasi yang pernah dikembangkan oleh berbagai vendor perangkat lunak di Amerika Serikat sebelum tahun 2000 pada akhirnya tidak pernah digunakan oleh calon penggunanya (end user). Mengapa? Roger S. Pressman, Ph.D. dalam bukunya Software Engineering (2000) menyebutkan bahwa penyebab utama dari kasus tersebut adalah karena program-program aplikasi yang bersangkutan tidak memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna (users needs and expectations). Ini artinya bahwa para analis dan perancang perangkat lunak mungkin tidak melakukan dengan baik langkah-langkah yang seharusnya mereka lakukan dalam memahami kebutuhan dan harapan pengguna. Program-program aplikasi dikembangkan lebih pada perkiraan para analis tentang kebutuhan pengguna, bukan pada kebutuhan nyata para pengguna yang seharusnya mereka tangkap melalui berbagai macam metode. Selain itu, hal lain yang juga mungkin menjadi penyebab tak terpakainya program aplikasi secara maksimal adalah para pengguna, misalnya para mahasiswa ilmu-ilmu komputer di Indonesia, tidak terlalu memahami bagaimana caranya melakukan transformasi hasil analisis dan perancangan ke bentuk kode-kode bahasa pemrograman yang digunakan.

UML (Unified Modeling Language) saat ini adalah salah satu perkakas (tool) yang sangat bermanfaat untuk melakukan analisis dan perancangan sistem (baca: program aplikasi) dalam konteks pemrograman berorientasi objek. Dalam buku Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java ini, pembaca tidak dituntun untuk memahami UML, namun akan lebih dituntun untuk memahami penggunaan teknik-teknik untuk melakukan transformasi berbagai diagram UML yang paling umum ke kode-kode bahasa pemrograman Java terkait (termasuk di dalamnya, pemahaman konsep dasar MVC [Model-View-Controller] yang diimplementasikan dengan Spring MVC serta konsep dasar ORM [Object Relational Mapping] yang diimplementasikan dengan teknologi Hibernate). Dengan demikian, buku ini akan menjadi sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mengembangkan program aplikasi yang berparadigma berorientasi objek, yang beradaptasi dengan pola pengembangan yang benar, mulai dari analisis, perancangan, dan diikuti dengan tahapan implementasi (dalam konteks bahasa pemrograman Java).
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA MANDIRI


Perpustakaan Universitas Nusa Mandiri merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku,jurnal,dll.


INFORMASI


Alamat : Jln. Jatiwaringin Raya No.02 RT08 RW 013 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makassar Jakarta Timur

Email : perpustakaan@nusamandiri.ac.id

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

Perpustakaan Universitas Nusa Mandiri @ 2020