sidebar BSI Sinergikan Kurikulum Dengan Industri
 

BSI Sinergikan Kurikulum Dengan Industri
Jumat, 20 Maret 2015 - 14:02:23 WIB
Diposting oleh : administrator elibrary
Kategori: Berita - Dibaca: 583 kali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada umumnya, keberhasilan suatu perguruan tinggi dilihat jika sebagian besar lulusannya bisa terserap di pasaran kerja. Semakin besar dan semakin singkat waktu tunggu antara kelulusan dan masa kerja, semakin bagus kualitas perguruan tinggi tersebut.

Demikian dipaparkan Pudir I Bidang Akademik Bina Sarana Informatika (BSI), Mochamad Wahyudi. Ia menjelaskan, BSI memiliki dua visi yaitu mahasiswa BSI dapat lulus dan terserap di dunia kerja dan mahasiswa bisa menjadi pengusaha (entrepreneur).

Menurutnya, BSI membekali mahasiswa dengan kurikulum yang akan mengarahkan lulusannya kepada dua hal tersebut. “Kami punya target paling tidak 60-70 persen mahasiswa bisa diserap di dunia kerja, sisanya silahkan menjadi entrepreneur,” paparnya.

Ia menjelaskan, dunia pendidikan dan dunia industri adalah satu sistem yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya harus saling bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan SDM yang cerdas, mandiri, dan berdaya saing global.

Guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) lulusan yang berdaya saing global tersebut, BSI mengadakan kegiatan Sarasehan dan CAGS (Career, Agreeement Gathering and Sharing).

Sarasehan Karir merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan BSI dengan menghadirkan beberapa narasumber dari dunia industri guna memberikan masukan dan saran.

Saran tersebut diperlukan guna memperbaiki kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Kegiatan tersebut bertujuan, dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang ada di BSI.

“Kami meminta masukan dari para stakeholder, dalam hal ini adalah pengguna lulusan atau perusahaan yang menggunakan lulusan dari BSI grup, untuk perbaikan kurikulum kami ke depan,” terangnya.

Ia menjelaskan, BSI selalu memperbaharui kurikulum maksimal setiap dua tahun sekali. Sementara untuk konten dalam bahan ajar, perbaikan diadakan setiap semester.

Di bawah program studi, BSI membentuk konsorsium mata kuliah. Setiap bidang ilmu dikelompokkan dan diberi konsorsium yang isinya adalah para pemangku mata kuliah sesuai bidang ilmu masing-masing.

Kegiatan yang diadakan pada Kamis (12/3) di kampus BSI Kalimalang Jakarta Timur ini menggelar tiga acara, antara lain Sarasehan, penandatanganan MoU dengan sekitar 110 perusahaan, dan dilanjut kegiatan Ramah Tamah antara dosen yang merakit mata kuliah di BSI dengan perusahaan. 

 

Link : http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/15/03/15/nl8d06-bsi-sinergikan-kurikulum-dengan-industri

 
 INFO ELIBRARY Untuk Bapak/Ibu dosen yang belum bisa login segera hubungi LIVE SUPPORT kami       PERINGATAN!!! : Dilarang Keras memanfaatkan situs ini untuk tujuan plagiat Tugas Akhir, Apabila diketahui terdapat plagiat atas Tugas Akhir, pelaku akan dikenakan sangsi pencopotan gelar Diplomanya.