Empat Robot jadi "Pemanis" Perpustakaan Medan
Kamis, 04 Desember 2014 - 16:29:37 WIB
Diposting oleh : administrator elibrary
Kategori: Berita - Dibaca: 869 kali

Demi merangsang minat baca generasi muda, dipastikan pada minggu ke dua Desember empat robot yang didatangkan langsung dari Korea akan menambah koleksi fasilitas Perpustakaan Medan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Perpustakaan Kota Medan, Januari Pane saat dijumpai Analisa di kantornya, Jalan Gajah Mada Medan, Sabtu (29/11).

"Kita terus berupaya untuk merangsang pengunjung di perpustakaan ini, dan merubah stigma bahwa perpustakaan bukan tempat membaca saja, untuk itu kita sudah pesan empat unit robot langsung dari Korea, nantinya ini secara otomatis juga akan menjadi fasilitas tambahan dari per­pustakaan yang kita banggakan ini, " ucap Januari.

Dikatakannya saat ini keempat robot berukuran kecil tersebut sedang menjalani tahap perakitan setelah tiba dari Jakarta, dan akan diadakan duplikasi pengetahuan dari tekhnisi pusat kepada staf khusus yang ada di perpustakaan Medan agar nantinya bisa membimbing pengunjung untuk merakit robot.

"Jumat lalu sampai di Medan keempat robotnya, dan sekarang staf kita lagi diajarkan oleh teknisi khusus dari Jakarta untuk kemudian kita bisa membimbing pengunjung yang ingin menambah pengetahuannya akan teknologi robotik, semoga minggu kedua Desember ini sudah optimal pelayanannya " kata Januari

Sementara itu Commisioner Robotic Explorer, Rizal Heryanto saat tahap perakitan robot menjelaskan keempat unit robot yang dipesan pihak Pemko Medan tersebut bisa dimainkan dan dirakit oleh pengunjung yang minimal duduk dibangku SMP hingga orang dewasa, mengingat komponen-komponen yang terdapat pada robot sangat sensitif, jadi diperlukan ketelitian saat merakitnya.

"Robotnya jenis Hovis Lite ada 3 unit, ini bisa dirakit hingga 29 bentuk manusia, maupun hewan, dan ada 1 jenis Bioloit, yang ini bentuknya tidak bisa diubah, hanya saja bisa diprogram untuk memerintah sesuatu, dan untuk rentang usia minimal yang bisa memainkan harus sudah duduk dibangku SMP, " ungkap Rizal Heriyanto.

Diproyeksikan nantinya setelah program robot rakitan berhasil diterapkan, Perpustakaan Kota Medan juga akan terus mengaplikasikan teknologi robotik dalam hal pelayanan, mengingat sebagian negara-negara berkembang sudah menggunakan robot di semua bidang pelayanan publik. (qq)

SUMBER: http://analisadaily.com/news/read/empat-robot-akan-rangsang-pengunjung-perpustakaan-medan/86325/2014/12/01

 

 
 INFO ELIBRARY Untuk Bapak/Ibu dosen yang belum bisa login segera hubungi LIVE SUPPORT kami       PERINGATAN!!! : Dilarang Keras memanfaatkan situs ini untuk tujuan plagiat Tugas Akhir, Apabila diketahui terdapat plagiat atas Tugas Akhir, pelaku akan dikenakan sangsi pencopotan gelar Diplomanya.